memandikan bayi

index

Jakarta, Biasanya ibu-ibu muda takut memandikan bayinya karena khawatir akan menangis saat dimandikan. Padahal wajar jika bayi menangis saat dimandikan. Walau demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memandikan bayi baru lahir.

“Jika ingin memandikan bayi, gunakan air hangat. Jangan gunakan air dingin sebab kulit bayi masih sangat tipis sehingga lebih cepat merasa kedinginan. Selain itu, gunakan waslap yang lembut agar kulit bayi tidak iritasi,” terang dr Aditya Suryansyah, SpA(K) kepada detikHealth seperti ditulis pada Rabu (8/5/2013).

Dr Aditya yang merupakan dokter spesialis anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA Buah Hati Ciputat ini menyarankan jika menggunakan perlengkapan mandi seperti sabun dan shampo, haruslah menggunakan sabun dan shampo khusus bayi. Sabun dan shampo khusus bayi memiliki formula yang lebih lembut dibandingkan sabun dan shampo untuk dewasa.

Setelah bayi mandi, sebaiknya ibu jangan menggunakan minyak telon sebab akan membuat bayi merasa panas. Dr Aditya menyarankan untuk cukup memberikan pakaian yang tertutup, maka bayi akan beradaptasi dengan suhu ruangan. Tapi sampai kapankah bayi harus dimandikan dengan air hangat?

“Untuk mandi, sebaiknya gunakan air hangat terlebih dahulu agar kulit bayi terbiasa. Jika sudah berusia 36 minggu keatas, bisa mulai menggunakan air dengan suhu normal (tidak hangat, namun juga tidak dingin) pada air mandi bayi,” terang dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K).

Lebih lanjut lagi, dr Piprim yang merupakan dokter anak di RSCM dan RS Hermina, Bekasi ini menerangkan bahwa bayi dengan berat badan di bawah 2,5 kg biasanya lebih rentan terhadap cuaca dingin sehingga harus selalu menggunakan air hangat saat dimandikan.

About ayucandra811

bagaimana anda menilai saya :)
This entry was posted in bayi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a comment